Apa Itu Facebook Lite ? Yuk Kita Cek Penjelasannya
Apa Itu Facebook Lite ? Yuk Kita Cek Penjelasannya

Apa Itu Facebook Lite ? Yuk Kita Cek Penjelasannya

Apa Itu Facebook Lite ? Yuk Kita Cek Penjelasan Lengkapnya

Netijon – Kini media sosial menjadi semakin penting di masyarakat, apalagi jika ada kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial secara nasional akibat pandemic. Kebijakan ini mendorong lebih banyak interaksi sosial secara online daripada komunikasi langsung. Salah satu media sosial yang tersedia sebagai pilihan adalah Facebook.

Media sosial ini masih menjadi salah satu andalan mereka yang selalu ingin terhubung dengan keluarga dan teman. Menggunakan versi ringan juga merupakan opsi yang dapatkamu coba jika memori ponsel kamu terbatas di Sedulur. Apa itu aplikasi Facebook Lite? Apa kelebihan dan kekurangannya? Baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu facebook lite?

Aplikasi ini merupakan versi ringan dari aplikasi standar Facebook. Pertama kali dirilis pada tahun 2015, aplikasi ini menyasar pasar tidak hanya kepada pengguna ponsel kelas bawah, tetapi juga dapat menjangkau beberapa tempat dengan konektivitas internet yang kurang memadai.

Aplikasi Facebook Lite memiliki beberapa fitur yang cukup minimalis dan ringan untuk digunakan . Aplikasi ini hanya akan menampilkan fitur fitur dasar Facebook . Selain itu, antarmukanya jauh lebih sederhana. , tetapi informasi yang ditampilkan oleh aplikasi ini sama seperti Facebook pada umumnya. Tombol dasar seperti notifikasi, umpan berita, permintaan pertemanan.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Facebook Lite

1. Facebook Lite Memori

Aplikasi ini menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan dibandingkan dengan versi standar Facebook. Misalnya, pada smartphone Android bermerek Xiaomi, ukuran memorinya adalah 54 MB untuk versi asli dan 1,6 MB untuk versi ringan. Login Facebook lite dapat dilakukan sesuai standar, tetapi ini tidak berbeda.

Perangkat yang berbeda cenderung memiliki ukuran yang berbeda. Namun, biasanya sekitar 1 persen lebih kecil dari versi standar.

Aplikasi ini menjadi pilihan tepat bagi pengguna dengan RAM rendah. Ukuran ini sangat efisien sehingga sisa ruang penyimpanan dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Tidak perlu banyak waktu untuk mengunduh.

2. Menghemat Data Internet

Aplikasi ini tidak hanya menggunakan lebih sedikit memori, tetapi juga dapat menghmat data internet. Manfaat ini tentu sangat diinginkan oleh siapa saja yang ingin berhemat. Tentu saja, manfaat ini tidak membuat login Facebook Lite menjadi sulit. Pengguna smartphone memiliki akses yang mudah dan tidak ada pelambatan, bahkan saat menggunakan jaringan 2G. Hal ini disebabkan desain minimalis yang mengkonsumsi lebih sedikit data internet. Tentu saja ringan digunakan, sehingga juga bermanfaat bagi pengguna 2G. Tentu saja di Facebook asli terasa berat saat diakses dengan 2G.

3. Proses Loading Yang Cepat

Nilai plus dari aplikasi yang juga dikenal sebagai Facebook gratis ini adalah kemampuannya untuk mengunggah video, foto, dan status lebih cepat. Oleh karena itu, ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik dan lebih baik. Foto secara otomatis dikonversi dan dikonversi ke ukuran yang lebih kecil saat diunggah. Foto akan jauh lebih kecil. Misalnya, foto dengan ukuran 1 MB hanya akan diubah menjadi 150Kb.

Ini menghemat waktu pengguna saat menggunakan aplikasi ini. Anda juga dapat menggunakan waktu itu untuk melakukan aktivitas lain yang tetap dalam satu aplikasi.

Pengurangan fungsionalitas dan elemen desain dari versi aslinya membuat proses loading dari Lite cenderung lebih cepat. Banyak fitur dan faktor lain yang dianggap membebani sistem. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat berjalan di jaringan 2G yang mengkonsumsi lebih sedikit data.

Berbeda dengan versi aslinya, aplikasi ini tidak dapat mengunduh gambar resolusi tinggi secara otomatis. Sebaliknya, ia cenderung mendapatkan resolusi yang lebih rendah dan gambar serta foto tidak dihasilkan secara otomatis. Video hanya akan berjalan secara otomatis jika kamu hanya terhubung ke jaringan WiFi.

4. Fitur Facebook Lite

Seperti disebutkan di atas, aplikasi ini menghapus beberapa fitur yang dianggap berat, sehingga ukurannya akan lebih kecil. Ukurannya tidak sesempurna Facebook biasa, tetapi dengan cara yang sama seperti versi aslinya untuk masuk ke Facebook Lite. Oleh karena itu, meskipun beberapa fitur tersebut hilang, pengguna dapat melakukannya dengan baik. Sebelum Facebook Lite diunduh oleh Sedulur, kamu perlu mengetahui beberapa fitur yang tidak dimiliki Facebook versi kecil:

* Tulis memo (memo)
* Kualitas foto tidak maksimal
* Maksimum upload video hanya 2MB
* Kualitas video kurang bagus dan tidak otomatis
* Efek animasi dan emoji yang terbatas

5. Tampilan Foto Dan Video

Seperti yang kamu ketahui, aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup sederhana dan cenderung memiliki kualitas gambar yang buruk. Oleh karena itu, fitur yang disediakan belum optimal. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi ini tidak mendukung beberapa hal, misalnya dalam hal memutar video. Kelebihannya adalah dapat diakses dengan cepat dan di semua jaringan, namun akibatnya kualitas cenderung buruk dan blur. Bahkan, kamu tidak dapat memutar video saat menjalankan aplikasi ini. Namun, masih dimungkinkan untuk melakukan login Facebook lama untuk membuat akun baru.

Tentu saja, ini memengaruhi kecepatan dan stabilitas jaringan aplikasi kamu . Kualitas yang ditawarkan memang kecil dan terbatas, namun kecepatannya sangat stabil dan cenderung cepat. Tentunya kualitas yang diberikan juga mempengaruhi minimal bandwidth yang dibutuhkan atau data internet. Gambar atau foto yang dikirim atau ditampilkan oleh kamu secara otomatis dikompresi dan resolusinya secara otomatis diperkecil. Oleh karena itu, semua tergantung dari kebutuhan Sedulur. Jika Sedulur membutuhkan kecepatan tinggi, aplikasi lite bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda membutuhkan fitur yang berbeda, kamu dapat mengunduh versi aslinya.

6. Download Video

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu tidak dapat mengunggah atau mengunduh video menggunakan aplikasi Facebook Lite. Alasan penghapusan fitur ini karena dianggap boros menggunakan paket data. Alasan untuk itu

Berbeda dengan aplikasi Facebook asli, Anda tidak dapat mengunggah video menggunakan FB Lite. Alasan penghapusan fitur upload video itu sendiri karena dianggap membuang-buang paket data. Ini, tentu saja, bertentangan dengan tujuan FB Lite untuk menyediakan media sosial yang sangat hemat data.

Cara Download FB Lite Terbaru

Setelah kamu mengetahui kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh Facebook Lite, jika kamu ingin mendownloadnya berikut adalah langkahnya :

Cara Download Aplikasi Facebook lite Di Android

  • Buka layanan Goggle PlayStore di perangkat hp kamu
  • Ketik di kolom pencarian Facebook Lite.
  • Setelah muncul download dan install aplikasinya.
  • Setelah terinstall buaka aplikasinya di ponsel kamu
  • Klik daftar dan isikan data lengkapmu.
  • Tunggu proses registrasi . setelah selesai Facebook Lite siap digunakan.

Cara Mendownload Aplikasi FB Lite di iPhone

  • Siapkan Iphone yang akan diinstal fb lite.
  • masuk ke appstore
  • Klik Akun untuk masuk ke pengaturan akun.
  • Masukkan sandi akun kamu jika
  • Setelah masuk di menu Pengaturan klik akun masuk negara/ Wilayah
  • kemudian ke menu ubah Negara dan Wilayah
  • pilih salah satu Negara , contoh : Uni Emirat Arab
  • instal facebook litenya.

Demikianlah ulasan tentang Apa Itu Facebook Lite , semoga artikel ini bermanfaat.

BACA JUGA : Cara Mengembalikan Facebook Yang Dinonaktifkan