Cara Merawat Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama
Cara Merawat Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama

Aplikasinfo – Cara Merawat Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama

Kebaya sebagai salah satunya warisan ciri khas Indonesia yang sudah turun menurun digunakan sejak dahulu sampai sekarang ini. Seperti mode piece yang lain, kebaya juga tidak lepas dari pengembangan trend model yang terus-terusan berubah dari tahun ke tahun. Ada dalam bermacam siluet dan style, kebaya kekinian bisa dipilih sesuai pilihan berpenampilan masing-masing wanita.

Merawat Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama

Seperti fashion piece cantik yang lain, merawat kebaya jangan asal dan sebaiknya berhati-hati agar awet dan tahan lama. Bila tidak, kebaya kesayangan yang ada justru akan hancur dan tidak lagi dapat digunakan. Maka dari itu, berikut sejumlah tips gampang untuk merawat kebayamu nih supaya tahan lama selalu. Yuk lihat secara lengkap berikut ini.

Cara Mencuci Kebaya

Cara merawat kebaya yang pertama adalah cara pencuciannya .Harus dipahami cara untuk mencuci kebaya berbeda dengan bahan lain, kebaya sebagai salah satunya baju yang jangan sering dicuci. Bila kamu cuma menggunakannya kurang dari 3 jam, seperti untuk pergi kondangan misalkan, seharusnya kebaya cukup diangin-anginkan saja. Tetapi bila kamu menggunakan kebaya sepanjang hari, benar ada bagusnya kebaya langsung dicuci supaya terbebas dari bau yang disebabkan oleh bakteri dari keringat yang melekat di bahan kebaya.

Tidak seperti pakaian secara umum yang cukup direndam dan dimasukkan pada ke mesin pencuci sebelumnya akhirnya dikeringkan, merawat kebaya dalam hal mencuci kebaya sebaiknya benar-benar waspada supaya tidak menghancurkan detil yang menempel di kebaya atau menyobek materialnya. Karena itu, hal berikut sebaiknya jadi perhatian sebelumnya terakhir kamu menyesal karena menghancurkan kebaya sesudah mencucinya nih!

  • Jangan gunakan mesin pencuci, seharusnya kebaya dicuci dengan manual memakai tangan. Tidak perlu menguceknya dengan penuh tenaga, cukup diremas perlahan-lahan saja, khususnya pada bagian yang kotor. Bila ada noda bandel di kebaya, kamu juga bisa andalkan air jeruk nipis lho. Cukup gosokkan sisi yang terserang bintik sama air jeruk nipis, diamkan menyerap, lalu rendam sama air. Bintik akan langsung tergerus pelan-pelan.
  • Dalam menggunakan detergent, tentukan lah deterjan khusus yang memiliki kandungan pelembut supaya kebaya menjadi lebih halus. Jauhi penggunaan detergent yang mengandung pemutih supaya warna kebaya tidak sirna.
  • Saat menjemur kebaya, sebaiknya tidak untuk menggantung kebaya supaya tidak tinggalkan sisa dan menghancurkan serat kain kebaya. Rebahkanlah kebaya di lokasi yang sejuk dan tidak langsung terkena cahaya matahari, khususnya untuk kebaya dengan bahan lace dan tulle

Bolehkah menyetrika kebaya?

Sah-sah saja. Tentunya tidak mau donk bila kebaya kelihatan lecek dan tidak rapi. Tetapi tidak boleh perhatikaan temperatur setrika saat menyetrikanya. Tidak boleh pakai temperatur terlampau tinggi karena panas bisa menghancurkan kebaya yang umumnya dengan bahan tipis dan fragile. Bila kamu takut ambil kebanyakan risiko, kamu dapat melirik steamer atau setrika uap untuk menjadi pahlawan untuk kebayamu itu.

Menyimpan Kebaya Dengan Benar

Sesudah rapi tercuci dan licin tersetrika, taruhlah kebaya secara benar sama sesuai bahannya. Bila kebayamu dibuat berbahan lace, tulle, atau kebaya dengan detil ramai yang lain, kamu merawat kebaya dengan cara melipat kebaya dan menyimpan dalam kotak khusus untuk menjaga siluet dan susunan kebaya supaya rapi selalu. Tetapi bila kebayamu dibuat berbahan sutra, satin, atau organza, kamu dapat menggantungnya dalam lemari. Yakinkan jika hanger yang digunakan untuk menggantung kebaya modern diperlengkapi dengan padding supaya sisi lengan kebaya tidak turun dan tahan lama.