Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba Aplikasi Online Ini
Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba Aplikasi Online Ini

Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba Aplikasi Online Ini

Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba Aplikasi Online Ini

aplikasinfo – Kebutuhan akan rumah bersubsidi terus melonjak di Indonesia karena menjadi salah satu pilihan utama masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun, ada kalanya masyarakat bingung mencari rumah subsidi di kawasan yang mereka inginkan.




Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan cara beli rumah subsidi dengan aplikasi dan website untuk memudahkan masyarakat mencari rumah subsidi. Masyarakat dapat mengecek informasi mengenai rumah subsidi, lokasi, harga, pengembang, dan transaksi pembelian.




Pertama, melalui website rumahsubsidi yang merupakan website resmi Kementerian PUPR. Kedua, melalui situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) di laman sikumbang  Halaman ini dikelola oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

  • Situs Rumah Bersubsidi

Situs ini merupakan situs resmi Kementerian PUPR yang menyediakan informasi ketersediaan rumah bersubsidi di seluruh provinsi di Indonesia. Situs ini juga dapat diakses oleh pengembang yang ingin memasukkan data rumah subsidinya.

Bagi calon pembeli, situs ini menyediakan fitur informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama developer.

Untuk mengakses informasi ini melalui situs ini, pengunjung halaman hanya perlu memasukkan kategori data rumah subsidi yang ingin dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, pada kolom yang sudah tersedia.

  • Situs SiKumbang

Website sikumbang merupakan situs resmi yang dikembangkan untuk pendataan rumah subsidi atau tidak, beserta informasi lokasi hingga identitas pengembang. Di halaman beranda, akan

ada opsi untuk memilih lokasi dari tingkat provinsi hingga kecamatan dan asosiasi. Jika Anda ingin mencari rumah subsidi, Anda bisa menggunakan tombol cari.

SiKumbang akan menampilkan hasil pencarian yang akan menampilkan lokasi perumahan, ketersediaan unit bersubsidi, unit komersial yang tersedia, kebutuhan unit rumah, dan jumlah unit rumah yang diinginkan.

Dengan mengklik “lihat detail lokasi” SiKumbang akan menampilkan foto rumah lengkap dengan detail rumah, lokasi, dan spesifikasi rumah. SiKumbang juga akan melampirkan alamat dan kontak Developer Marketing Office.

  • Aplikasi SiKasep

Melalui aplikasi Sikasep, masyarakat yang sedang mencari rumah tidak hanya dapat mengakses informasi lengkap mengenai rumah subsidi yang masih tersedia, tetapi juga fasilitas lain terkait pengajuan KPR Subsidi.

Melalui aplikasi ini, masyarakat terlebih dahulu harus melakukan registrasi dengan memasukkan sejumlah data mulai dari nama hingga pendapatan hingga selfie pengguna dan KTP. Setelah login, Anda tinggal memilih atau mencari rumah subsidi yang diinginkan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kalkulator kredit sebagai simulasi, hingga memilih bank untuk KPR. Sebelum berburu rumah subsidi, tidak ada salahnya mencoba mencarinya dengan aplikasi ini.

Sekarang kamu tidak perlu Bingung Cari Rumah Subsidi cukup unduh aplikasi dan kunjungi website resminya.