Daftar Kartu Pakerja Online Gelombang Terbaru 2022
Daftar Kartu Pakerja Online Gelombang Terbaru 2022

Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang Terbaru 2023

Netijon Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang Terbaru 2023

Kartu Prakerja

Progam Kartu Prakerja adalah satu program pemerintah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat setelah masa pandemi berlalu. Tidak hanya memberikan bantuan secara materi program ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat guna untuk mencari pekerjaan.

BACA JUGA : Aplikasi MyPertamina? Ini Fungsi Dan Cara Daftarnya

Setelah beberapa gelombang ditutup pendaftarannya dan terakhir adalah gelombang ke 31 yang baru saja mengumumkan para pendaftar yang lolos di awal juni yang lalu. Namun jangan khawatir kamu bisa mengikuti gelombang ke 32 yang berdasarkan skema akan bergulir pada minggu ke 2 di bulan juni 2022.

Banyaknya manfaat yang kamu dapatkan setelah lolos seleksi kartu prakerja adalah kamu akan diberikan pendanaan untuk pelatihan di beberapa platform digital senilai 1 juta rupiah, insentif sebesar Rp600,000 selama 4 bulan, dan insentif survei tenaga kebekerjaan sebesar Rp150,000. Untuk mengikuti seleksinya, berikut cara dan langkah yang harus kamu ikuti.

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2023

Adapun syarat untuk mendaftar kartu Prakerja sebagai berikut:

Warga Negara Indonesia di atas 18 tahun
Saat ini tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
Sedang mencari/pekerja , pekerja yang perlu ditingkatkan kemampuan kerjanya, pekerja/buruh yang dirumahkan, atau pekerja yang tidak dibayar, termasuk pekerja/buruh yang diberhentikan dan orang-orang yang terlibat dalam usaha mikro dan kecil dan menengah.
Bukan penerima bansos ataupun bantuan sosial lainnya.
Bukan pejabat negara, DPRD, ASN, pimpinan dan anggota prajurit TNI, anggota polisi, kepala desa dan perangkat desa, serta pengurus/panitia/auditor BUMN atau BUMD.
Maksimal 2 NIK di 1KK,  untuk mempunyai Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Untuk kamu yang ingin mendapat pelatihan dan insentif dari kartu Prakerja kamu dapa mengikuti langkahnya sebagai berikut :

Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi prakerja https://dashboard.prakerja.go.id/ list.
Jika sudah kliklah menu “Daftar Sekarang”, kamu akan diminta untuk mendaftarkan alamat email dan kata sandi Anda.
Periksa email kamu untuk mengkonfirmasi.
Masuk kembali ke situs kerja resmi menggunakan akun yang baru dibuat.
Setelah itu, masukkan informasi pribadi  sesuai dengan ktp dan nomor kartu keluarga kamu untuk mengkonfirmasi nomor ponsel . Jika kamu diminta untuk memverifikasi foto ktp , masuk menggunakan browser seluler kamu.
Diharapkan memberikan pernyataan  jujur ​​pendaftar peserta.
Motivasi lengkap dan tes kecakapan dasar.
Jika berhasil, tunggu pendaftaran batch 32 2022 atau klik Join langsung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Jika kamu sudah pernah terdaftar di Prakerja namun tidak lolos ke tahap selanjutnya kamu tidak usah khawatir kamu hanya perlu mendaftar pada batch selanjutnya karena data kamu sudah tersimpan secara otomatis di sistem Kartu Prakerja.

Bagaimana Jika Tidak Lolos Prakerja

Apabila kamu lolos seleksi, pastikan untuk mengikuti pelatihan secara rutin agar keanggotaan tidak dicabut dan mendapatkan dana insentif setiap bulannya.

Saat ini, kamu bisa mengikuti berbagai kelas online untuk meningkatkan kemapuan dan mendapat sertifikat untuk mempercepat proses pencarian kerja.