Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya
Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya: Potensi Lebih Besar Diterima HRD

Netijon Surat lamaran kerja menjadi dokumen pertama yang menjadi perkenalan antara pelamar dengan perusahaan. Dokumen tersebut dapat dianggap sebagai perkenalan secara tidak langsung.

Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebuah perkenalan dalam karir tentu perlu meninggalkan kesan yang baik. Tujuannya tentu menjadi langkah awal kerjasama jangka panjang yang juga berkualitas. Maka perhatikan beberapa hal penting terkait surat lamaran kerja berikut ini.

Tentang Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja menjadi dokumen pengantar bagi calon pelamar. Dokumen tersebut berisi maksud dan tujuan pelamar ke dalam sebuah lembaga atau perusahaan.

Surat lamaran kerja harus memuat informasi yang jelas dan ditulis dengan formal. Tujuannya agar penerima dapat dengan mudah mengidentifikasi maksud dan tujuan pelamar kerja.

Tujuan Surat Lamaran Kerja

Tujuan surat lamaran kerja tentu menjadi pengantar bagi pelamar untuk mengikuti proses rekrutmen lanjutan. Di akhir prosesnya, surat lamaran merupakan bagian terdapat untuk mendapatkan sebuah posisi atau pekerjaan di sebuah perusahaan.

Dengan tujuan tersebut, surat lamaran memiliki peran yang besar dalam membangun kepercayaan dan perkenalan. Di saat bersamaan, terdapat keterbatasan ruang dan waktu dalam menyampaikan informasi melalui surat lamaran.

Hal tersebut menjadikan penulisan surat lamaran harus dibuat dengan efisien dan informatif. Salah satu cara termudah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengikuti struktur umum surat lamaran kerja.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa struktur umum yang berkembang dalam budaya penulisan surat lamaran kerja. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Informasi Surat

Di bagian awal surat lamaran kerja, terdapat beberapa informasi dasar yang perlu dicantumkan. Informasi tersebut termasuk hal dan keterangan tujuan surat. Selain itu, cantumkan secara jelas juga penerima dan waktu penulisan surat.

Pembuka dan Perkenalan

Pembuka surat dapat menyertakan informasi sumber lowongan pekerjaan dan tujuan posisi yang dilamar. Pelamar juga perlu memperkenalkan diri dengan jelas dan menceritakan latar belakang yang berkaitan.

Latar belakang yang dapat disampaikan antara lain pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan berbagai keterangan lainnya. Utamakan menyampaikan informasi terkait dengan posisi yang dilamar.

Data Diri

Surat lamaran perlu dilengkapi dengan informasi diri calon pegawai. Di dalamnya, calon pegawai dapat menyertakan informasi dasar yang berpengaruh pada kebutuhan rekrutmen perusahaan.

Maksud dan Tujuan

Sebuah surat lamaran kerja juga harus memuat dengan jelas maksud dan tujuannya. Di dalamnya, pelamar harus mencantumkan posisi dan bidang yang dituju. Hal ini berkaitan dengan rutinitas rekrutmen perusahaan yang dapat terbuka untuk lebih dari satu posisi.

Keterangan Lampiran

Keterbatasan halaman dan waktu yang dimiliki HRD, maka tidak semua informasi dapat tertuang dalam surat lamaran. Kebutuhan informasi yang lebih detail dan kompleks dapat dilampirkan secara terpisah.

Pelamar kerja dapat melampirkan berbagai dokumen formal, sertifikat, dan riwayat kerja bersama dokumen lamaran. Apabila lamaran dikirim melalui email, upayakan dokumen-dokumen tersebut dapat terbuka tanpa melalui proses yang rumit.

Penutup Lamaran

Surat lamaran juga dapat ditutup secara formal untuk menegaskan keperluan dokumen tersebut. Penutup lamaran juga dapat menjadi kesempatan untuk meyakinkan perusahaan atas kapasitas dan peran yang dapat diberikan pada tim bisnis.

Hal Penting Membuat Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja. Hal ini tidak sepenuhnya berkaitan dengan teknis, namun akan berperan penting pada keberhasilan surat lamaran.

Penulisan Terstruktur

Penulisan surat lamaran perlu mengikuti struktur yang jelas. Tujuannya agar pihak perusahaan atau HRD yang menerima dapat mengidentifikasi dengan jelas kebutuhan dan informasi yang tertera dalam surat lamaran.

Hindari menggunakan metode penulisan yang tidak berpola dan justru menyulitkan penerima surat. Hal tersebut justru akan menurunkan kemungkinan pelamar dapat berlanjut ke tahapan berikutnya.

Menggunakan Bahasa Formal

Selalu gunakan bahasa formal dalam menulis lamaran. Hal tersebut mencerminkan keseriusan dan karakter pelamar dari sudut pandang perusahaan. Aspek tersebut juga menjadi penilaian karakter yang baik pada berbagai posisi.

Ditulis dengan Rapi

Upayakan mengirim surat lamaran yang dicetak dari program pengolah kata seperti Word atau Docs. Beberapa perusahaan juga lebih mengutamakan pengiriman email yang minim penggunaan kertas dan hasil residu.

Meski tidak dilarang, namun saat ini penggunaan surat lamaran yang ditulis secara manual sudah sangat minim. Penggunaannya juga justru menyulitkan pelamar dalam berbagai aspek.

Informatif dan Jelas

Seluruh informasi dalam surat lamaran kerja harus jelas. Upayakan penulisan secara objektif dan berdasar pada data. Hindari menyertakan terlalu banyak asumsi dalam penulisan surat lamaran kerja.

Informasi yang Tidak Perlu Dicantumkan

Dalam perkembangan penulisan surat lamaran kerja, masih cukup banyak kasus pelamar mencantumkan informasi yang tidak diperlukan. Hal tersebut dapat menjadi distraksi yang justru menurunkan kredibilitas pelamar.

Beberapa pelamar justru akan dinilai terlalu memamerkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan karir. Hal tersebut tentu akan membangun citra kurang ideal di hadapan perusahaan. Bahkan terdapat kemungkinan pengajuan lamaran tidak akan diproses sama sekali.

Data Privasi

Hindari menyertakan data yang bersifat terlalu personal di dalam surat lamaran dan lampiran pendukungnya. Data seperti nomor KTP umumnya tidak benar-benar dibutuhkan perusahaan pada tahap awal rekrutmen.

Utamakan mengirimkan lamaran pada sumber dan perusahaan yang kredibel. Pengiriman data pribadi kepada pihak yang tidak dapat divalidasi akan membahayakan pelamar.

Hal yang Tidak Berhubungan

Membuat surat lamaran dan lampirannya tidak memerlukan informasi yang tidak menunjang kinerja dan karir. Keterangan dan informasi seperti hobi, makanan favorit, atau film kesukaan bukan merupakan aspek yang dibutuhkan dalam lamaran.

Selain itu, hindari juga pengukuran kapasitas yang berdasar pada asumsi pribadi. Upayakan menyertakan nilai atau skor keahlian tertentu yang memiliki dasar riset atau proses ujian dari suatu lembaga.

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja dari berbagai variasi yang berkembang di industri. Penerapan dan penulisannya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pelamar dan perusahaan tujuan.

Yogyakarta, 15 Desember 2022

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
HRD PT Komuna Inti Media
Jl. Raya Karangmojo-Wonosari KM 7
Gunungkidul, DI Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari halaman resmi, saya bermaksud mengajukan diri bergabung ke dalam Tim Digital Marketing di PT Komuna Inti Media. Adapun data diri saya sebagai berikut:

  • Nama : Yayan Ruhyan, S.T
  • Tempat, tanggal lahir : Malang, 20 Desember 1990
  • Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika Universitas Indonesia
  • Alamat : Jl. Dr. Sardjito No 1, Sleman, DI Yogyakarta
  • Nomor Telepon : 085784329546
  • Email : yayanruhyan@gmail.com

Saya berada dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Selain itu, saya juga fasih berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis. Dalam bidang digital marketing, saya secara khusus mengembangkan minat di penulisan dan telah berpengalaman selama 2 tahun.

Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik. Selain itu, saya juga terbiasa bekerja dengan target.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Curriculum Vitae;
  2. FC Ijazah;
  3. FC sertifikat pelatihan;
  4. Portfolio.

Besar harapan saya untuk dapat berkolaborasi bersama perusahaan. Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya , saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Yayan Ruhyan S.T

Penutup

Demikian ulasan dan contoh tentang membuat surat lamaran kerja yang baik di berbagai bidang. Penulisan lamaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan posisi, bidang, dan perusahaan tujuan. Semoga sukses ~

BACA JUGA : Daftar Aplikasi Pencari Kerja Online Terpercaya