Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan Agar Ibadah lebih Sempurna
Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan Agar Ibadah lebih Sempurna

Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan Agar Ibadah lebih Sempurna

Netijon – Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan Agar Ibadah lebih Sempurna

Ada 5 rukun umrah yang perlu kamu kerjakan supaya beribadah umrohmu lebih sempurna atau sah. Ketahuilah di sini!

Menjadi mimpi banyak kaum muslim untuk menjalankan beribadah umrah. Bila kamu satu diantaranya yang berencana untuk pergi beribadah umrah, karena itu kamu harus ketahui rukun umrah lebih dulu.

Rukun umroh ialah serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan dalam beribadah umroh. Dalam rukun umroh, ada banyak hal yang perlu dilaksanakan supaya beribadah kamu lebih sempurna atau sah. Yuk, baca 5 rukun umrah berikut!

Rukun Umroh

BACA JUGA : Umroh dan Naik Haji Perbedaan yang Perlu Kamu Ketahui

Bila kamu ingin pergi untuk melaksanakan ibadah umroh, ada banyak hal yang harus dipahami Satu diantaranya ialah rukun umroh. Baca rukun umroh berikut!

1. Niat/Ihram

Semua aktivitas tentu dengan diawali niat, terhitung beribadah umroh. Dalam beribadah , niat ini dikasih istilah ihram. Orang yang hendak lakukan beribadah umroh memakai baju ihram (tanpa jahitan) dan melafazkan niat dari Miqat (titik awalnya mengawali beribadah umroh).

2. Tawaf

Rukun umroh setelah itu tawaf. Tawaf yaitu melingkari Ka’bah sekitar 7x. Titik awalnya Thawaf ini diawali dari Hajar Aswad dan disarankan untuk mengusap Hajar Aswad saat melaluinya. Jika tidak mungkin untuk mengusap Bantai Aswad, jama’ah dibolehkan dengan memberikan isyarat dengan melambaikan tangan ke Hajar Aswad.

Saat lakukan Thawaf kita dibolehkan juga untuk berzikir atau melafadzkan doa atau keinginan yang dimiliki.

3. Sa’i

Sa’i ialah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Rukun umroh yang ini dilaksanakan sekitar 7x. Tidak ada doa yang harus dibacakan, hingga saat lakukan Sa’i kamu dibolehkan untuk memanjatkan doa yang diharapkan. Serangkaian ibadah Sa’i ini datang dari cerita Siti Hajar saat menemukan minum untuk Ismail saat kecil. Istri nabi Ibrahim itu berlari bolak-balik mencari air dari sumber mata air yang sekarang dikenali dengan mata air zam-zam.

4. Tahallul

Rukun umrah yang selanjutnya ialah Tahallul. Tahallul memiliki makna melepaskan diri dari larangan ihram seperti memangkas rambut atau memotong rambut sedikitnya tiga helai rambut.

Tahallul ini dilaksanakan di luar Masjidil Haram dekat Bukit Marwah. Sesudah lakukan Tahallul, jama’ah bebas dari larangan saat menjalankan beribadah umroh.

5. Tertib

Rukun umroh yang terakhir ialah tertib. Teratur mempunyai tujuan jika beberapa jama’ah  yang beribadah  harus melakukan semua rukun umroh satu persatu atau sama sesuai urutan dan aturan yang ditetapkan. Yakinkan saat melakukanya kamu jangan melewatkan atau melompati rangkaian ibadah.

BACA JUGA : Syarat dan Dokumen Umrah yang Harus Dipenuhi

Itulah penjelasan  terkait rukun ibadah umrah yang Wajib Dilakukan Agar Ibadah lebih Sempurna. Saat sebelum menjalankan beribadah umrah sebaiknya untuk pahami semakin banyak mengenai beribadah ini supaya beribadah  yang sudah dilakukan bisa diterima menjadi amal yang baik.

Karena, jika salah satunya ditinggalkan kan secara sengaja atau mungkin tidak sengaja akan membuat beribadah umrah tidak syah.